16April2014

You are here: Home HI-Region Eropa Timur dan Tengah Profil Umum Eropa Timur
 

Bangkok Diserbu Demonstran

Bentrok pecah di Bangkok, Thailand, Senin, 2 Desember 2013, melibatkan pasukan keamanan dengan demonstran yang menuntut pengunduran diri Perdana Menteri Yingluck Shinawatra. Kerusuhan ini menyebabkan setidaknya tiga orang tewas dan 103 lainnya cedera.

Langganan Artikel

Masukkan Email Anda:

Mari Berkontribusi

Mari berbagi berita dan tulisan. Kami menyediakan ruang sebesar-besarnya kepada Anda untuk turut serta menyumbangkan ide dan tulisan. Caranya sangat mudah. Simak petunjuknya disini.
 

Komunitas HI Indonesia

HIneter, bergabung di HI Community -- Komunitas HI Indonesia. Bertemu kawan baru, bertukar ide, mendiskusikan isu-isu HI, dan banyak lagi. Ayo bergabung dan jelajahi dunia baru tanpa barikade sekarang juga!

Punya Agenda Kegiatan?

Menjelajahi interaksi. Kumpulan kegiatan, pertemuan mahasiswa, seminar, dan agenda-agenda penting yang berkaitan dengan dunia Hubungan Internasional. Ayo singgah.

Profil Umum Eropa Timur

Sejarah Singkat

Pada awalnya di Eropa tidak mengenal terminologi kawasan Timur dan Barat. Selama bertahun-tahun istilah kawasan yang selalu digunakan adalah terminology “Utara-Selatan”. Dimana negara-negara bagian Mediterania memiliki banyak kesamaan ekonomi dan budaya sedangkan negara-negara di sebelah utara Samudera Atlantik dan Laut Baltik juga memliki banyak persamaan.

 

Frase “Eropa Timur” pada awalnya muncul untuk menyebut negara-negara yang ‘terbelakang ekonominya’ pada abad 18 dan 19. Kawasan ini dilihat sebagai daerah di bawah kekuasaan pemerintahan otokratik. Definisi ini sangat buram, dan banyak negara yang tidak masuk kriteria pandangan stereotipical ini.

 

Eropa Timur mempunyai hubungan dengan timur dan barat. Ketika seluruh negara dipengaruhi kuat oleh agama Katolik atau Protestan dan mempunyai hubungan sejarah dan budaya erat dengan Jerman, Italia, Perancis atau Skandinavia (misalnya Liga Hanseatik di Baltik), banyak negara yang berhubungan dengan blok Timur. Rusia dikuasai oleh bangsa Mongol selama berabad-abad sehingga konvensi politik dan sosial Rusia mirip seperti mereka. Lebih jauh di bagian selatan terdapat Kerajaan Ottoman dan Islam berpengaruh kuat. Negara-negara Balkan serta Hongaria dan Rumania dahulunya pernah dikuasai oleh bangsa Turki (Kekaisaran Ottoman).

 

Seiring perkembangan politik di Eropa, khususnya Pasca Perang Dunia II, Frase “Eropa Timur” digunakan di negara-negara Barat untuk mengelompokkan seluruh negara Eropa yang tadinya merupakan rezim komunis yang dijuluki Blok Timur. Konsep Eropa Timur diperkuat dengan dominasi ideologi Komunisme dan terutama Uni Soviet setelah Perang Dunia II. Salah satu pandangan dari batas-batas Eropa Timur terbentuk pada tahap akhir Perang Dunia II. Daerah akhirnya datang untuk mencakup semua negara-negara Eropa yang berada di bawah pengaruh atau kendali Soviet.

 

Negara-negara ini memiliki rezim komunis dipaksakan pada mereka, dan negara-negara netral diklasifikasikan oleh sifat rezim-rezim politik mereka. Perang Dingin meningkatkan jumlah alasan untuk pembagian Eropa menjadi dua bagian sepanjang perbatasan NATO dan negara-negara Pakta Warsawa.

 

Negara-Negara Eropa Timur

Negara-negara yang digolongkan sebagai Eropa Timur semuanya bekas pecahan Uni Soviet:

  • Albania
  • Bosnia-Herzegovina
  • Bulgaria
  • Kroasia
  • Macedonia
  • Rumania
  • Serbia dan Montenegro
  • Hongaria
  • Ceko
  • Yugoslavia
  • Polandia

 

Ekonomi

Eropa Timur telah mengenal industri sejak awal hingga pertengahan abad ke-20 tetapi mengalami kontraksi ekonomi pada 1990-an ketika industri berat tidak lagi efisien dan industry yang berdasarkan sektor manufaktur lumpuh setelah jatuhnya komunisme dan pengenalan ekonomi pasar. Pada abad ke-21 sektor manufaktur di Eropa Timur mengambil karena pencapaian negara-negara Eropa Timur ke Uni Eropa dan hasil pencapaian ke Pasar Bersama Eropa (European Common Market). Hal ini menyebabkan perusahaan-perusahaan Eropa Barat untuk memindahkan pekerjaan dari sektor manufaktur mereka ke Eropa Timur, yang memicu pertumbuhan industri Eropa Timur dan pekerjaan.

 

Dari sisi financial, sektor keuangan Eropa Timur agak kurang berkembang (sebagian besar karena warisan komunis), tetapi dengan cepat berkembang menuju standar Eropa Barat. Sektor keuangan di Eropa Timur dibantu oleh pertumbuhan ekonomi di daerah dan komitmen pemerintah Eropa Timur untuk mencapai standar yang tinggi.

 

Fluktuasi Gross National Product  (GDP) negara-negara Eropa Timur (termasuk Rusia/Uni Soviet) meningkat dari 185.023 Juta Dolar Internasional pada tahun 1950; 550 757 Juta Dolar Internasional pada tahun 1973 hingga 660 861 Juta Dolar Internasional pada tahun 1998.

 

Politik dan Pertahanan Kemanan

Di masa pra dan saat perang dingin berlangsung, Eropa Timur (Uni Soviet) terlibat persaingan antara dua blok besar diungkapkan melalui koalisi militer, propaganda, spionase, senjata pembangunan, kemajuan industri, dan pengembangan teknologi yang kompetitif, yang termasuk ruang angkasa. Kedua negara adidaya terlibat dalam pengeluaran pertahanan mahal, besar konvensional dan perlombaan senjata nuklir, dan berbagai perang proxy.

 

Setelah Perang Dingin berakhir, perang hanya terjadi di Eropa selama pecahnya Yugoslavia. Perang-perang ini melibatkan para separatis dan memerangi terorisme di selatan Yugoslavia. Pada tahun 1991, separatis Kroasia, Slovenia, dan Macedonia memisahkan diri dari Republik Federal Sosialis Yugoslavia. Pada tahun 1992, mereka diikuti oleh Bosnia-Herzegovina. Pada tahun 2006, Montenegro dan Serbia split mengakibatkan pembubaran Persatuan Negara Serbia dan Montenegro (mantan Republik Federal Yugoslavia). Konflik saat ini di daerah utara propinsi Makedonia dan Serbia Kosovo, di mana Albania paramiliter mulai perang gerilya melawan pasukan pemerintah. Kosovo Albania menginginkan kemerdekaan penuh dari Serbia. Serbia hanya menawarkan otonomi dari wilayah berdaulat.**

 

Daftar Bacaan:

http://unstats.un.org/unsd/geoinfo/gegn23wp48.pdf

http://books.google.com/books?id=eWmDAd6vr5sC&pg=PA15&lpg=PA15&dq=eastern+europe+definition&source=bl&ots=tYi5LhsIpz&sig=rHczwXEiCcPkVGNMUokIYc-sMVE&hl=en&ei=q5CPSt_0C4GN_AaSlK2vAg&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=5#v=onepage&q=eastern%20europe%20definition&f=false

 

Silahkan menggunakan segala tulisan dan informasi dalam portal ini secara etis dan bertanggung-jawab. Jika ingin mengutip sebagian atau keseluruhan isi portal ini, mohon mencantumkan sumber dan menghubungi admin.